Sunday 8 July 2018

Acara TV Legendaris - Asia Bagus



Pada tahun 1991, jauh sebelum masyarakat mengenal kompetisi menyanyi internasional seperti American Idol, The Voice, dan i-Sing, Jepang pernah membuat acara kompetisi menyanyi tingkat Asia yang dikenal dengan sebutan Asia Bagus.

Acara ini diproduseri oleh Fuji TV (Jepang), dengan mengajak stasiun televisi dari 3 negara Asia untuk berpartisipasi di acara tersebut : Singapura (TCS-5), Malaysia (TV3), dan Indonesia (TVRI). Konsep acara tersebut adalah mengundang para penyanyi dari negara-negara tersebut untuk mengadu kemampuan berolah vokal mereka.

Uniknya, meski acara ini diproduseri Fuji TV (Jepang), namun tidak memberikan keuntungan finansial kepada jaringan televisi tersebut, karena acara ini justru tidak tayang di Jepang. Meski demikian, uang bukan menjadi alasan Fuji TV memproduseri acara ini, namun lebih pada upaya menjalin keakraban antar negara Asia saja. 

Seiring waktu, acara Asia Bagus meraih rating yang sangat baik di negara-negara yang berpartisipasi dalam acara tersebut, sehingga Fuji TV akhirnya menambah negara Asia lain untuk bergabung dalam acara tersebut. Dan pada tahun 1992, negara Taiwan, Korea Selatan, dan Thailand ikut serta bergabung.

Acara ini awalnya dipandu 2 orang Pembawa Acara : Tomoko Kadowaki (Jepang) dan Najip Ali (Malaysia). Nantinya, Tomoko digantikan oleh Winnie Kok (Singapura) dan Dewi Sandra (Indonesia).

Bahasa percakapan dalam acara ini adalah bahasa gado-gado, di mana terdapat perpaduan antara bahasa Inggris, Jepang, Indonesia, dan Melayu. Tujuan penggunaan bahasa campur-aduk ini tidak lain untuk menunjukkan keragaman budaya di wilayah Asia.

Di Indonesia, acara ini awalnya ditayangkan di TVRI (1991 - 1996) dan kemudian berpindah ke RCTI (sejak 1996 - 2000).
Kris Dayanti di ajang ASIA BAGUS
Asia Bagus merupakan salah satu acara favorit pemirsa Indonesia. Bahkan beberapa penyanyi papan atas Indonesia merupakan jebolan acara tersebut. Beberapa di antaranya : Kris Dayanti, Dewi, Gita, Rio Febrian, Denada, dan Ika Deli.

Catatan istimewa tentang Kris Dayanti, beliau merupakan penyanyi pertama yang memenangi Asia Bagus. Selain itu, Kris Dayanti kembali meraih penghargaan Best of Asia Bagus (1997) ketika berkompetisi dengan semua pemenang Asia Bagus di Tokyo, Jepang.

Selain penyanyi tersebut, Asia Bagus juga menelurkan grup-vokal AB Three : Widi, Nola, dan Lusy. Ketiganya merupakan jebolan Asia Bagus dan grup-vokal ini didirikan tanggal 13 Agustus 1993, setelah mereka mengikuti ajang tersebut.

Uniknya, meski sudah terbentuk sejak tahun 1993, namun AB Three baru merilis album pertama mereka tahun 1995 (Cintailah Aku). Hal ini disebabkan mereka disibukkan dengan kegiatan kompetisi internasional pasca pembentukan grup tersebut. Setelah berbagai penghargaan internasional mereka raih, barulah mereka fokus membuat album. Kini grup-vokal ini masih eksis dan telah berganti nama menjadi Be3 (Bi Tri).

1 comment:

  1. This way my pal Wesley Virgin's story begins with this shocking and controversial VIDEO.

    You see, Wesley was in the military-and shortly after leaving-he found hidden, "mind control" secrets that the CIA and others used to get whatever they want.

    THESE are the EXACT same methods tons of famous people (notably those who "became famous out of nowhere") and the greatest business people used to become rich and successful.

    You probably know how you utilize only 10% of your brain.

    Mostly, that's because the majority of your brain's power is UNCONSCIOUS.

    Maybe that thought has even taken place INSIDE your very own brain... as it did in my good friend Wesley Virgin's brain 7 years back, while driving an unregistered, garbage bucket of a car without a driver's license and $3.20 on his bank card.

    "I'm very fed up with living check to check! When will I finally succeed?"

    You've taken part in those conversations, ain't it so?

    Your own success story is going to happen. You just need to take a leap of faith in YOURSELF.

    CLICK HERE To Find Out How To Become A MILLIONAIRE

    ReplyDelete