Thursday 26 April 2018

Acara Televisi Favorit - ANEKA RIA SAFARI


Sepanjang dekade 1980an, acara Aneka Ria Safari yang ditayangkan di TVRI menjadi salah satu acara favorit para penonton Indonesia. Tayang seminggu sekali, acara berdurasi 1 jam ini menampilkan banyak penyanyi populer yang membawakan lagu mereka secara live maupun lip-synch.

Proses terciptanya acara ini terbilang cukup panjang dan unik.

Pada tahun 1971, Eddy Soed dan beberapa artis lain - Bing Slamet dan Bucuk Soeharto (yang waktu itu merupakan Ketua Departemen Seni dan Budaya Golkar) - membentuk sebuah kelompok bernama Organisasi Artis Safari. Awalnya organisasi ini merupakan wadah untuk mengumpulkan para artis - baik senior maupun pendatang baru - untuk berkeliling ke daerah (istilah waktu itu "bersafari") untuk mengkampanyekan sebuah partai tertentu. Para artis yang tergabung dalam organisasi itu nantinya dijanjikan akan diorbitkan.
Eddy Soed

Di waktu bersamaan, Eddy Soed merasa prihatin dengan kondisi musik Indonesia yang waktu itu redup dan kalah bersaing dengan lagu-lagu luar negeri. Karena itu, lewat diskusi dengan Bapak Ali Murtopho - Menteri Penerangan waktu itu - maka terciptalah acara bernama Aneka Ria Safari. Lewat acara inilah, para artis yang tergabung dalam Organisasi Artis Safari dapat berkesempatan tampil di televisi dan dikenal penonton.

Acara Aneka Ria Safari sendiri pertama kali tayang di TVRI pada tahun 1982. 

Sistem monopoli siaran televisi waktu itu memberikan manfaat yang sangat besar pada perkembangan karir para artis Safari waktu itu. Mereka dengan cepat dapat dikenal dan diingat oleh para penonton, dan dalam waktu singkat mereka pun langsung menjadi artis terkenal di Indonesia.

Awalnya, hanya artis yang tergabung di Organisasi Artis Safari saja yang bisa tampil di acara Aneka Ria Safari. Tetapi seiring dengan perkembangan waktu, tidak semua artis harus menjadi Organisasi Artis Safari. Siapapun bisa tampil dalam acara tersebut. Lagu yang bisa tampil di acara tersebut pun beragam, mulai dari pop, melayu, jazz, hingga dangdut.

Format acara Aneka Ria Safari terbilang sederhana : Bentuknya seperti pertunjukkan musik live di mana acara tersebut dipandu oleh seorang Pembawa Acara yang selalu menceritakan sekelumit latar belakang lagu dan penyanyi yang akan tampil. Setelah itu, sang penyanyi pun tampil membawakan lagunya. Seringkali lagu dibawakan dengan cara lip-synch, dengan penari latar, dan para pemain band di belakang sang penyanyi. Biasanya di akhir acara, ada penampilan lawak yang dibawakan oleh grup lawak terkemuka di masa itu.

Acara ini sukses mencetak banyak penyanyi populer di masa itu. Sebut saja Hetty Koes Endang, Ratih Purwasih, Arie Wibowo, Heidy Diana, Iis Sugianto, Iwan Fals, Pance Pondaag, Rinto Harahap, Chrisye, Fariz RM, Nindy Ellise, Nicky Astria, Anggun C. Sasmi, Nike Ardila, Obbie Messakh, Tito Sumarsono, Itje Trisnawati, Rhoma Irama, dan lain sebagainya.

Selain itu, acara ini pun mengangkat nama banyak pelawak legendaris, seperti Surya Grup, Jojon - Cahyono - Uuk, dan lain sebagainya.

Ketika stasiun televisi swasta mulai muncul tahun 1990an, perlahan tapi pasti kepopuleran Aneka Ria Safari memudar. Hal ini dikarenakan acara tersebut kalah pamor dengan acara-acara musik di televisi swasta tersebut. Terlebih ketika jaringan televisi musik MTV masuk ke Indonesia dengan menggandeng sebuah stasiun televisi swasta, para penonton segera beralih ke sana. Dan akhirnya Aneka Ria Safari pun ditinggalkan penontonnya.

Meski kini sudah menjadi kenangan, tetapi acara Aneka Ria Safari merupakan acara televisi legendaris yang tidak akan mudah dilupakan banyak orang. Hampir 10 tahun lamanya acara itu mengudara dan telah berhasil mencetak banyak sekali penyanyi papan atas Indonesia. Terlebih lagi lagu-lagu Indonesia dari berbagai genre pun meraih kesuksesan berkat acara tersebut.


3 comments:

  1. Bisa bantu sy Mas, sy Norma Rina, Dulu, th brp nya sy kurang ingat, sekitar -/+ antara th 87 atau 89. Sy pernah tampil di acara Anekaria Safari dgn genre Dangdut, dgn Nama Norma Amir, judul lagu nya Sampai kiamat, klo

    ReplyDelete
  2. Pembw acara nya waktu itu, Pak Edi sud

    ReplyDelete