Sunday 22 April 2018

Apa Kabarmu Sekarang - ERVINNA


Tidak banyak generasi masa kini yang ingat dengan Ervinna. Padahal wanita cantik kelahiran Surabaya 4 Mei 1956 ini adalah diva Indonesia yang pernah sukses di luar negeri. Karirnya yang sangat gemilang, membuatnya dijuluki "The Angel of Indonesia" oleh kritikus musik dunia dan menjadi salah satu dari The Ten Best Singer of South East Asia di tahun 1980.

Ervinna terlahir dengan nama Ervin Theodora Monica. Penyuka olah raga ini merupakan anak bungsu dari tujuh bersaudara dan telah menyenangi dunia tarik-suara sejak usia dua belas tahun. Kemampuan olah suara didapatnya dari kakaknya - Paulus Purnomo - yang rutin mengajarinya setiap hari di rumah.

Untuk menjajal kemampuannya, Ervinna kecil rutin mengikuti berbagai festival menyanyi setempat. Sayangnya, dirinya tidak pernah berhasil dalam lomba-lomba tersebut. Berkat kegigihannya berlatih dan ikut lomba, kemampuannya dilirik oleh Produser Singapura yang kemudian mengajaknya melakukan rekaman dan serangkaian show di Singapura, Bangkok dan Malaysia. Sayangnya, saat proses pembuatan album pertamanya, proses pembuatannya tidak maksimal dan rekamannya hanya dijual terbatas.


Akhirnya Ervinna pun kembali ke Indonesia. Tahun 1975, dia mendapat tawaran untuk rekaman di studio rekaman Golden Hand - Surabaya, di mana dia diberi kesempatan menyanyikan lagu-lagu pop, Melayu, keroncong dan berbagai lagu Oldiest. Album tersebut diedarkan di luar negeri, seperti Jepang, Vietnam, Taipei, Hongkong, Pilipina, Malaysia, dan Eropa. Dalam mempromosikan albumnya, Ervinna saat itu juga berkesempatan menjadi anggota Misi Kesenian NTT dan melakukan show di Malaysia.

Akibat kesibukannya berpentas, Ervinna akhirnya harus melepaskan pendidikannya di kelas 3 SMP Santa Agnes, Surabaya. Sejak itulah dia fokus mengembangkan karirnya di bidang tarik-suara.

Kesuksesan demi kesuksesan terus menghampiri Ervinna saat itu, terutama saat memasuki era 1980an ketika dia berkolaborasi dengan A.Riyanto. Lewat lagu-lagu pop, disko, dan reggae seperti Beta Kawan Setia, Jangan Parkir di Situ, Pari Pagi, Hallo Apa Kabar, dan Manja Semanis Madu, Ervinna berhasil meraih popularitasnya di Indonesia.

Selain itu, Ervinna pun menjalin kolaborasi dengan banyak pencipta lagu papan atas Indonesia saa itu : Arie Wibowo (Lagu Manis, Angin Sorga), Dadang S. Manaf (Secangkir Kopi), Elfa Secioria / Inggrid Wijanarko (Hatiku Bahagia), dan Chilung (Jakarta Metropolitan).

Penghargaan demi penghargaan pun diraih Ervinna, sehingga menjadikannya Diva Papan Atas Indonesia kala itu. Ervinna pun tergolong penyanyi yang paling produktif di masa itu, karena telah merilis lebih dari 200 album di masa itu.

Meski telah sukses, namun Ervinna menyadari kalau semua usahanya adalah berkat Tuhan. Karena itu, di dekade 2000an, Ervinna memutuskan mundur dari dunia hiburan dan berfokus pada pelayanan di gereja. Kini - bersama suaminya (Robert Soesanto) dan anaknya - Ervinna hidup bahagia di Surabaya menjadi Pelayan Tuhan.

Meski demikian, Ervinna masih tetap aktif menyanyi, meski kini lebih banyak membawakan lagu-lagu rohani. Dia pun kini masih kerap merilis album-album rohani, baik berbahasa Indonesia maupun Mandarin.






11 comments:

  1. Terimakasih atas artikel ini....sangat informatif...kebetulan kangen dengan Ervina....

    ReplyDelete
  2. Saya kangen dgn suaranya yg bening dan merdu , jd kepengen balik ke masa lalu.

    ReplyDelete
  3. Duhhh..suaranya itu lho.!Selamat ya Mabak,Semoga selalu Sehat+Panjang Umur..Amiiiiinn.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih infonya ... kangen sama Ervina dan Richi Richardo

    ReplyDelete
  5. It was yearssss ago ... sat on front row on my sis friend's bday celebration nite in Sbaya, i watched her singing,... pretty close. encouraged myself to come up to stage and greeted her and talked to her. Hope she still remember it, a guy named Andrew. Years passed by, Still wrote her several times, eventhough gradually disappearing myself... Now i am watching her singing ...on utube...She still amazes me with her charms. Wonder what would prolly happen when I stay in Her Town. I Just like her, really !

    ReplyDelete
  6. Ervinna,penyanyi favorit ku dulu.

    ReplyDelete
  7. Alamatnya dimana di Surabaya?

    ReplyDelete
  8. Njeketek tibakne ning Ervinna arek Suroboyo....suarane Josh...gak kalah karo penyanyi londo...👍

    ReplyDelete