Monday 23 April 2018

Film Nostalgia - GITA CINTA DARI SMA (1979)


Jauh sebelum film drama Ada Apa Dengan Cinta (2002) dan Dilan (2018) mengharu-biru penonton remaja Indonesia, ada film Gita Cinta dari SMA yang pernah meluluh-lantakkan hati para penonton remaja di masanya.

Yep.... Gita Cinta dari SMA adalah salah satu film drama remaja yang legendaris sekali, dan mungkin tidak akan mudah dilupakan para penonton yang menikmati masa mudanya di akhir era 1970an. Film yang disutradarai Arizal ini diperani oleh aktor Rano Karno dan Yessy Gusman. Keduanya merupakan aktor dan aktris remaja yang sangat populer di masa itu. Gita Cinta dari SMA sendiri merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya novelis Eddy D. Iskandar.

Dengan skenario yang dibuat oleh Eddy D. Iskandar sendiri, film ini mengetengahkan kisah cinta sepasang anak SMA, Galih (Rano Karno) dan Ratna (Yessy Gusman). Keduanya adalah bintang kelas di bidang pelajaran sekolah dan olah raga. Dari hanya sekedar teman sekelas, keduanya kemudian menjalin asmara.

Sayang, orang tua Ratna yang merupakan keturunan Jawa ternyata tidak menyukai Galih yang merupakan anak keturunan Sunda. Mereka kemudian menjodohkan Ratna dengan seorang pria yang merupakan mahasiswa sebuah universitas ternama di Yogyakarta. Menjelang kelulusan sekolah, orang tua Ratna memaksa Ratna untuk kuliah di Yogyakarta. Hal ini mereka lakukan agar Ratna berpisah dengan Galih.

Sikap orang tua Ratna membuat teman-teman sekolah Galih dan Ratna bersimpati. Di malam perpisahan siswa SMA, teman-teman sekolah sepasang kekasih itu berhasil mempertemukan Galih dan Ratna. Sayang, pertemuan mereka tidak berlangsung lama. Di akhir cerita, Galih dan Ratna pun berpisah, di mana Galih melanjutkan sekolah di Jakarta, sedangkan Ratna pindah ke Yogyakarta.

Film mengharukan ini menjadi salah satu film box-office Indonesia saat itu. Karena kesuksesannya, film ini kemudian dibuat sekuelnya berjudul Puspa Indah Taman Hati yang juga dirilis tahun 1979. Sekuel ini tetap disutradarai Arizal dan tetap menggunakan Rano Karno dan Yessy Gusman sebagai pemeran utama. Bedanya, di film tersebut, Yessy Gusman berperan ganda sebagai Ratna dan Marlina, kekasih baru Galih.

Dalam Puspa Indah Taman Hati, dikisahkan Galih telah kuliah dan jatuh hati dengan seorang teman kuliahnya bernama Marlina yang kebetulan berwajah sama dengan Ratna, kekasihnya waktu SMA. Ketika cinta mereka sedang bersemi, tiba-tiba hadirlah Ratna yang baru bercerai dari suaminya, hasil jodohan orang tua Ratna. Kehadiran Ratna membuat hati Galih bimbang, memilih antara Marlina dan Ratna.

Baik Gita Cinta dari SMA maupun Puspa Indah Taman Hati menjadi film yang sangat sukses di masanya. Kedua film ini menjadi drama cinta abadi yang membawa kesan mendalam bagi penonton di masa itu. Bahkan, Rano Karno dan Yessy Gusman pernah didapuk menjadi Pasangan Paling Serasi saat itu. Sayangnya, hubungan mesra mereka tidak berlanjut di dunia nyata.

Film Gita Cinta dari SMA menelorkan beberapa lagu hits yang cukup populer di masa itu. Salah satunya adalah lagu Galih dan Ratna. Lagu yang ditulis Guruh Soekarno Putra ini dinyanyikan oleh (alm) Chrisye. Lagu ini terdapat di album Chrisye berjudul "Puspa Indah" (1980) dan sangat populer sehingga sempat dinyanyikan-ulang oleh D'Cinnamons dan trio GAC (Gamaliel - Audrey - Cantika). Selain Galih dan Ratna, lagu lain yang sama populernya dari film tersebut adalah Marlina dan Gita Cinta.

Pada tahun 2017, film Gita Cinta dari SMA dibuat ulang dengan judul Galih dan Ratna, dengan sutradara Lucky Kuswandi dan diperani Refal Hady dan Sheryl Sheinafia. Sebagai penghargaan kepada Rano Karno dan Yessy Gusman, maka kedua aktor itu pun tampil di film Galih dan Ratna. Film ini telah tayang 9 Maret 2017 silam dan mendapatkan respon yang cukup positif dari penonton Indonesia. 

No comments:

Post a Comment